Wisata pantai dekat kota Manado

1. Taman laut Bunaken yang indah

Siapa coba orang Indonesia yang tidak pernah dengar Bunaken?
Bunaken adalah salah satu taman laut yang sangat terkenal. Target utama expedisi Manado, dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan beraneka warna menjadi daya tarik Bunaken.

expedisi manado
Photo By: Lima Kaki

Di taman laut Bunaken hidup ribuan spesies ikan dan biota laut lain. Dan yang sangat menarik adalah terdapat ratusan spesies terumbu karang beraneka warna yang memberi keindahan bawah laut.

Bunaken menjadi detinasi paling favorit bagi pencinta diving dari luar negeri. Banyak turis berdatangan kesini dengan tujuan menyelam dan menikmati keindahan ikan-ikan dan terumbuh karang di sini.

Taman Laut Bunaken telah ditetapkan sebagai taman nasional oleh Pemerintah Indonesia. Ikan-ikan di sini dilarang diburuh apalagi merusak terumbuh karang. Ini adalah taman laut yang harus dijaga kelestariannya dan tugas kita sebagai bangsa harus menjaga kelestarian alam.

Jarak Bunaken dari pelabuhan Manado hanya sekitar 7 mil dan dapat dicapai menggunakan perahu motor ataupun speed boat. Terdapat 5 pulau besar yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau di sekelilingnya.

2. Expedisi Manado Pulau Siladen

expedisi-manado
Phot By: Facebook/NancyPangemanan

Pulau Siladen termasuk salah satu pulau yang terletak di kawasan Taman Nasional Bunaken. Sama seperti ke Pulau Bunaken, untuk mencapai pulau Siladen hanya membutuhkan waktu 45 menit menggunakan perahu motor atau speed boot dari pelabuhan Manado.

Hamparan pasir putih yang luas di pantai menjadi tempat rekreasi yang menarik di Pulau Siladen. Ditumbuhi pohon woka, sagu, silar dan pohon kelapa, pulau Siladen lingkungannya sangat alami dan tenang. Pulau Siladen menjadi destinasi favorit selain pulau Bunaken sebagai tempat menyelam dan menikmati pesona bawah laut.

Termasuk dalam taman laut Bunaken, keindahan ekosistem bawah laut di sini begitu cantik dan menakjubkan. Terumbuh karang yang indah dan aneka jenis ikan berwarna-warni juga bisa kita temui di sini.

Terdapat dua spot diving dekat pulau ini yaitu Siladen 1 dan Siladen 2. Dasar kedalamanya sekitar 20 sampai 50 meter. Terumbuh karang di sini sangat indah dan unik. Dinding karang di dasar laut tampak seperti rak buku, dan di setiap rak terdapat berbagai jenis ikan.

Di pulau Siladen terdapat cottage untuk penginapan yang bisa disewa, jadi pengunjung bisa berlama-lama di pulau ini. Semua penginapan di Pulau Siladen dibangun dengan desain khas rumah adat Minahasa dengan perabot-perabot yang juga berbahan kayu.

Tidak perlu pusing memikirkan perbekalan saat berkunjung ke pulau ini, tersedia warung makan dengan menu yang lezat disini. Nikmati ikan bakar cakalang dan tude yang masih segar serta menu tradisional berbahan seafood yang enak.

Yang ingin diving atau pun snorkling, sudah tersedia diving center yang menyewakan peralatan menyelam sekaligus kapal motor yang bisa dipakai menuju ke spot diving. Tersedia kapal berkaca yang disebut katamaran untuk melihat pemandangan di bawah air. Nikmati expedisi Manado di pulau Siladen.

3. Pulau Manado Tua

expedisi-manado
Photo By: Facebook/LyndhaShylvana

Pulau Manado Tua berjarak 16 kilometer dari kota Manado juga merupakan salah satu pulau yang yang menyimpan pesona keindahan alam. Pulau Manado Tua wilayahnya cukup luas dan ditinggali banyak penduduk.

Masih dalam kawasan Taman Laut Bunaken, pulau Manado Tua bisa diakses dengan menggunakan kapal motor atau speed boot. Dari pelabuhan Manado, kita akan menempuh perjalanan laut sekitar satu jam ke pulau Manado Tua.

Pulau Manado Tua berbentuk sebuah gunung yang menjulang tinggi sampai ketinggian 655 meter. Daratannya ditumbuhi pepohonan yang hijau dan pohon kelapa. Dari puncak bukit  kita dapat menyaksikan kapal-kapal dan perahu nelayan yang mengarungi birunya samudera. Dari puncak bukit kota Manado tampak terlihat di kejauhan.

Yang berbeda adalah pulau manado tua sangat luas wilayahnya dan sudah ditinggali penduduk sejak berabad-abad yang lampau. Menurut catatan sejarah pulau Manado Tua telah ditempati orang mulai tahun 1339. Hanya beberapa keluarga kemudian berkembang hingga menjadi satu suku yang menetap di pulau ini.

Di dasar laut dekat Manado Tua menyimpan pesona pemandangan bawah laut yang indah. Air laut yang jernih membuat kita dapat melihat dengan jelas terumbuh karang dan beragam spesies ikan berwarna-warni yang jarang ditemui di tempat lain.

Beberapa pantai yang terkenal keindahannya melingkari pulau ini. Pantai Batu layar, Apeng Datu, Apeng Gugu dan Apeng Salah menjadi lokasi wisata yang menarik. Kita bisa bermain pasir sambil berjemur di hamparan pasir yang putih, berenang, ataupun snorkling di laut dan bermain sky.

Di pulau Manado Tua jarang tersedia cottage, jadi solusi bagi yang ingin menghabiskan waktu dengan bermalam di pulau ini, bisa menginap di rumah penduduk setempat. Nikmati liburan anda dengan expedisi ke Pulau Manado Tua.

4. Pasir timbul di Pulau Nain

expedisi-manado
Photo By: Facebook/YennyYansyMomor

Tujuan unik lainnya saat expedisi Manado adalah ke Pulau Nain. Yang istimewa dari Pulau Nain yaitu hamparan pasir timbul. Sebuah hamparan pasir yang berkilap terkena matahari saat air laut surut. Dalam kondisi air laut surut, pasir akan tampak menyembul ke permukaan dan membentuk sebuah pulau.

Air lautnya yang jernih, hamparan pasir yang eksotis akan memberi nuansa pemandangan yang berbeda bagi setiap pengunjung yang datang ke sini. Kini banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara  yang berbondong-bondong datang mengunjungi pulau Nain.

Di beberapa titik gugusan karang bisa terlihat jelas dari atas air kerena air lautnya yang jernih. Kita bisa berenang di pantai yang dangkal dengan air laut yang jernih. Yang hendak snorkling pun pantai ini sangat bagus. Biasanya penyelenggara tour akan menyiapkan peralatan snorekling yang bisa disewa oleh pengunjung.

Pulau Nain masih termasuk dalam kawasan taman laut Bunaken. Selain pasir pantainya yang unik, di kedalaman laut kita akan menemukan juga terumbuh karang beraneka warna dan bermacam spesies ikan. Terdapat beberapa spot diving di pulau ini, tetapi arus lautnya yang deras mengharuskan setiap penyelam lebih berhati-hati.

Ada beberapa aturan yang wajib dipatuhi  setiap pengunjung yang berwisata ke sini yaitu tidak boleh membuang sampah plastik atau bungkus makanan, dilarang menyentuh dan menangkap biota laut yang ada serta dilarang menginjak dan merusak terumbuh karang.

Untuk menuju pulau Nain dari kota Manado bisa menggunakan perahu motor dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Di pelabuhan Marina ataupun di kawasan Megamas tersedia banyak perahu yang bisa disewa untuk tour expedisi ke Pulau Nain atau Bunaken.

Bersambung >>>>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *