Wisata pantai dekat kota Manado 2

5. Pantai Malalayang

Salah satu objek wisata yang juga tidak bisa dilewatkan saat expedisi Manado adalah pantai Malalayang. Lokasi pantainya sangat dekat dari pusat kota Manado. Bisa diakses dari pusat kota Manado dengan menggunakan mobil mikrolet, pantai malalayang sangat populer bagi warga kota manado.

Sangat cocok untuk sekedar bersantai di sore hari, melepas kejenuhan setelah rutinitas pekerjaan kita bisa menikmati semilir angin laut. Riak-riak ombak kecil di pantai, di kejauhan terlihat pulau Bunaken dan gunung di pulau Manado Tua.

Pantai malalayang dipenuhi batu-batu bulat berwarna hitam yang tidak tajam, tidak seperti pantai-pantai di sulawesi utara yang umumnya berpasir putih. Di laut sekitar pantai malalayang masih bisa kita temui spesies ikan-ikan perairan Sulawesi yang sudah langka.

Di pantai malalayang airnya relatif tenang sehingga kita bisa berenang maupun sorkling dan diving. Memang tidak bisa disamakan dengan Bunaken yang memiliki terumbuh karang yang indah-indah, umumnya orang berkunjung ke pantai  malalayang untuk menikamati mandi di laut dan sekedar bersantai di tepian pantai.

Nikmati beraneka kuliner khas Minahasa di pantai ini. Banyak penjual makanan di pantai ini yang menjual beraneka menu seafood dengan rasa yang menggoyang lidah. Bagi wisatawan dari luar kota bisa menginap di hotel-hotel sekitar pantai.  Banyak hotel di kawasan ini dengan kelas dan harga bervariasi.

6. Pantai Tasik Ria

Photo By: Facebook/Natalia Tambani

Pantai yang indah yang terletak tidak jauh dari pusat kota Manado adalah pantai Tasik Ria. Pantai ini harus masuk dalam list saat ekspedisi Manado karena tak kalah cantik dibandingkan pantai-pantai lainnya. Jika kita hendak bepergian dari Manado ke arah Modinding atau Gorontalo, pasti akan melewati pantai ini.

Terletak sekitar 19 km sebelah barat pusat kota Manado, hanya membutuhkan waktu 20 menit berkendara ke pantai ini. Jarak yang relatif dekat menjadikan pantai ini destianasi wisata yang sangat ramai pada hari liburan.

Memiliki hamparan pasir putih, pantai tasik ria sangat indah pemandangannya. Rimbun pohon kelapa yang berbaris tidak jauh dari bibir pantai memberikan nuansa yang sejuk. Kita bisa berenang di laut yang tenang dengan airnya yang jernih.

Pantai Tasik Ria sangat ramai kunjungi warga Manado, Minahasa dan sekitarnya pada hari libur. Banyak yang datang untuk berenang atau sekedar menikmati panorama laut sambil bemain pasir di pantai.

Banyak pengembang swasta yang telah membangun resort-resort di kawasan pantai ini. Di resort inilah biasanya banyak turis dari luar negeri menginap disamping menyewa kapal motor dan peralatan diving untuk menjelajah ke tengah laut.

Beberapa resort memang memberikan tarif sewa kapal speed boat dan peralatan diving yang murah untuk tamu yang menginap di resort mereka. Pengunjung umum yang tidak menginap di resort pun masih bisa menyewa perlatan snorkling dan diving, hanya memang dikenakan biaya sewa yang sedikit mahal.

Di sekitar pantai banyak di jual makanan-makanan khas Minahasa. Ikan bakar tude dan cakalang menjadi menu favorit yang diburuh pengunjung karena memang masih fresh saat dibakar. Di samping itu tersedia beragam menu seafood seperti udang, kepiting dan cumi-cumi yang lezat.

7. Kawasan Megamas Boulevard

Satu lagi tempat yang asik untuk bersantai sambil menikmati suasana pantai adalah bouklevard kawasan Megamas. Posisi pantai yang menghadap ke barat, menjadikan tempat ini spot yang menarik untuk menikmati sunset.

Pengujung bisa bersantai makan pisang dan jagung rebus goreng sambil menikmati suasana sore yang ceria di tepian pantai jalan boulevard. Pandangan mata langsung ke laut lepas, terlihat Pulau Bunaken dan Manado Tua di tengah lautan.

Semilir angin laut yang segar berhembus, kapal-kapal berlayar memecah riak-riak ombak, perahu nelayan mulai berangkat ke tengah lautan mencari ikan. Langit merah jingga saat mentari akan tenggelam memberikan sensasi keindahan di tepi laut.

Kawasan megamas adalah kawasan reklamasi. Laut yang dangkal ditimbun  untuk dibangan suatu pusat perbelanjaan, pusat bisnis dan pusat hiburan. Lokasi kawasan Megamas yang dekat pusat kota Manado menjadikan kawasan ini sangat ramai dikunjungi warga Manado.

Yang istimewa dari kawasan ini adalah  banyaknya kedai dan restoran yang menyediakan menu masakan super lezat. Mulai menu ikan tuna, cakalang, seafood, ragei, steak, dan daging panggang serta beragam menu tradisional Minahasa.

Kawasan megamas kini menjadi tempat food festival. Masyarakat kota manado menjadikan tempat ini tujuan utama mencari kuliner yang lezat. Beragamnya menu restoran yang tersedia disini, sehingga pengujung punya banyak pilihan.

Selain menjadi area berburu kuliner, kawasan megamas juga menjadi tempat berbelanja favorit warga kota Manado. Deretan toko berjejer menawarkan fashion terbaru incaran anak-anak muda. Beberapa mall juga dibangun di kawasan ini dan menjadi pusat belanja dan hiburan.

Kunjungi boulevard kawasan megamal saat berkunjung ke kota Manado. Rugi banget jika tidak mampir ke sini, karena tempatnya memang di pusat kota Manado. Nikmati suasana sore di pantai sambil mencici kuliner lezat khas kota Manado.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *