Pelabuhan Transit terpadat di Indonesia Timur

Pelabuhan Makassar

Wilayah Indonesia yang begitu luas dan terdiri atas banyak pulau membutuhkan banyak kapal untuk distribusi barang. Semakin banyak pelabuhan laut maka semakin membantu juga untuk tempat berlabuh dan bongkar muat kapal-kapal yang membawa barang logistik ke setiap kota.

Di wilayah Indonesia Timur ada banyak pelabuhan laut tetapi pelabuhan terbesar dan menjadi pelabuhan transit untuk banyak kapal ada di kota Makassar. Pelabuhan Makassar banyak disinggahi kapal-kapal cargo dan kontainer, juga kapal penumpang, roro dan ferry.

Makassar sebagai ibukota Sulawesi selatan merupakan sebuah kota besar dan cukup padat penduduknya. Kebutuhan barang dan jasa dikota ini cukup tinggi, disamping itu banyak kabupaten di wilayah Sulawesi selatan dengan penduduk yang cukup padat distribusi barangnya melewati kota Makassar.

Pada musim liburan banyak sekali penumpang dari Jakarta dan Surabaya yang menaiki kapal pelni dan kapal-kapal fery yang kemudian berlabuh dan menurunkan penumpang di pelabuhan makassar. Memang tidak semuanya warga makassar tetapi sebagian adalah penduduk kabupaten dan kota di utara Makassar.

Pelabuhan Makassar posisinya memang sangat strategis menjadi pelabuhan transit. Banyak kapal-kapal cargo kontainer yang singgah di pelabuhan Makassar untuk bongkar sebagian muatan dan melanjutkan pelayaran ke pelabuhan lain di Sulawesi seperti Kendari, Luwuk, Gorontalo dan Bitung.

Selain itu banyak juga kapaldengan rute pelayaran yang jauh seperti Maluku dan Papua yang transit di pelabuhan makassar untuk mengisi bahan bakar, dan menambah perbekalan makanan. Setelah bongkar muat sebagian cargo kemudian melanjutkan pelayaran ke pelabuhan lain di Maluku dan Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *